Wednesday, August 18, 2010

Apakah Puasa Kita Diterima??



Di samping memenuhi syarat dan rukun puasa, supaya shaum-nya diterima, kita perlu melengkapi shaum-nya dengan mengikutsertakan pikiran, hati, dan semua anggota badannya seperti lidah, mata, telinga, tangan, dan kaki. Semuanya ikut berpuasa dari perbuatan yang dilarang oleh agama Islam. Kalau tidak, dia tidak akan mendapatkan hasil apa-apa dari shaum-nya kecuali rasa haus dan lapar saja.

Kita tidak boleh berpikir jahat kepada orang lain, dan tidak merencanakan sebuah kejahatan buat siapa pun. Hatinya dijaga dari sifat dengki, hasad, benci tanpa alasan syar’i, serta dendam. Matanya dipejamkan dari melihat yang dilarang oleh agama seperti film porno, tarian yang sensual, goyang pinggul yang merangsang, dan sebagainya. Telinganya tidak mendengarkan musik dan lagu-lagu yang melalaikan. Lidahnya tidak ngomong jorok, tidak menceritakan kejelekan orang lain (ghibah), tidak mengadu domba (namimah), dan sebagainya. 

Tangannya tidak mencuri, tidak korupsi, menganiaya orang lain, dan kakinya tidak berjalan menuju tempat maksiat. Badannya tidak memakan barang yang haram, tidak meminum minuman keras, tidak mengonsumsi narkoba. Pakaian yang dikenakan juga dibeli dengan uang yang diperoleh dengan cara halal. Untuk lebih menyempurnakan ibadah shaum, maka shaaim harus selalu shalat lima waktu di awal waktu, dan bagi kaum pria shalatnya senantiasa berjamaah di masjid. Di malam hari, para shaaim juga dianjurkan untuk mendirikan shalat malam, baik secara berjamaah maupun sendirian. Semaksimal mungkin, shaaim juga memanfaatkan waktunya untuk membaca Alquran, dan bersedekah kepada fakir miskin.

Nah..apakah amal puasa kita dapat diterima..
mudah-mudahan diterima Allah SWT..
amin...amin ya robbal alamin...

No comments:

Post a Comment